Selasa, 23 April 2013


BAB I
SISTEM AKUTANSI

DEFINISI SISTEM
            Sistem adalah sekelompokunsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya ,yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu .
pengertian umum mengenai sitem sebagai berikut :
 1. Sistem terdiri dari unsur-unsur
 2. Unsur-unsur tesebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan
 3. Unsur system tersebut bekerjasama untuk mencapai tujuan system
 4 .Suatu sitem merupakn bagian dari sitem lain yang lebih besar
            Sitem diciptakan untuk  menangani suatu yang berulangkali  atau yang sevara rutin terjadi .
SISTEM AKUNTANSI
            Sistem akuntansi adalah organisasi formulir  , catatan , laporan yang dikoordinasi sedekimian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan .
            Unsur suatu system akuntansi pokok adalah :
1. Formulir
            Formulir/ Dokumen /media merekam terjadinya suatu transaksi yang tejadi di dalam organisasi ke dalam cacatan . Contoh formulir adalah faktur penjualan , buku kas keluar dan cek . Dalamsistem akuntansi manual ( manual system ) , media yang digunakan untuk merekam pertama kali data transaksi keuangan adalah formuliryang dibuat dari kertas kerja ( paper form )
 2. Jurnal
            cactan akuntansiyang pertama ,  sumber informasi di dalam jurnal adalah formulir  . Untuk diklasufikaskan penggolongan yang sesuai dengan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan terdapat kegaiatan meringkas data yang hasil ringkasannya mengahislkan jumlah rupiah .
 3. Buku Besar
            Buku besar terdiridari rekening-rekening yang sesuai dengan unsure-unsur informasi

yang disajikan ke dalam laporan keuangan .
 4. Buku Pembantu
            Buku pemabntu terdiri dari buku pembantu piutang dan buku pembantu hutang .Buku pembantu merupakan cacatan akntansi akhir ( book of final entry )
 5.Laporan
            hasil akhir proses akuntansi adalah laporan keuangan yang berupa , neraca , laporan laba rugi , laporan perubahan laba yang di tahan , laporan harga pokok penjualan , laporan biaya pemasaran , laporan hPP ,daftar umur piutang , daftar utang , yang akan dibayar , daftar saldo persediaan yang lambat penjaualnnya . Laporan berisis informasiyang merupakan keluaran system akuntansi .laporan dapat berebentuk hasil cetak computer dan tayangan pada layar monitor computer .

PERBEDAAN PENGERTIAN SISTEM DAN PROSEDUR
            Definisi system dan prosedur adalah sebagai berikut :
Sisitem aadalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksankan kegiatan pokok perusahaan .
Prosedur adalah suatu urutan kegaiatan klerikal , yang biasa melibatkan beberapa orang dalam satu departeman atau lebih , yang dibuat untuk pinjaman penanganan secara seragam transaksi perubahan yang terjadi berulang-ulang .
            kesimpulannya bahwa suatu system terdiri dari Jaringan prosedur ; sedanglan posedur merupan urutan kegiatan klerikal . kegiatan klerikal  yangdilakukan untuk mencatat informasi dalam formuliruku jurnal , dan buku besar terdiri dari
 Menulis
b. Menggandakan
c. Menghitung
d. Memberikode
e. Mendaftar
f. Memilih (mensortasi)
g. Memindah


h. membandingkan
            Prosedur orde penjualan terdiri dari kegiatan klerikal seperti :
a)      Menulis data menegnai tanggal kode barang , jenis kuantitas , harga satuan , harga total , nama pramuniaga .
b)      Menggandakan  faktur pejualan tunai dengan cara mengisi formulir tersebut lebih dari satu lembar
c)      Menghitung perkalian harga satuan dengan kuantitas serta jumlah harga yang harus dibyar oleh pembeli
d)     Memberi kode dengan cara mencantumkan kode buku pada faktur penjaualn tunai

Prosedur peneriamaan kas  terdiri dari kegiatan klerikal seperti :

a)      Menulis data mengenai jumlah uang yang diterima oeleh kasir dalam pita register kas dan mebubuhkan cap lunas pada faktur penjualan tunai .
b)      Menghitung jumlah uang tunai yang di terima dari pembeli
c)      Membandingkan jumlah harga yang harus dibayare oleh pembeli yang tercantum dalam faktur penjualan tunai dengan junlah uang yang diterima oleh bagian kasa .

Prosedur Penyerahan barang terdiri dari kagiatan klerikal seperti :
a)      Menulis data mengenai penyerahan barang dengan cara membubuhkan cap “ sudahdiambil “ pada faktur penjualan tunai .
b)      Membandingkan jenis barang yang di cantumdalam faktur penjualan tunai yang di terima dari bagian penjualandengan jenis barang yang tercantum dalam faktur penjualan tunai yang diterima dari pembeli .

Prosedur rekonsiasi bank terdiri dari kegaiatan klerikalseperti ::

a.)    Membandingkan jumlah rupiah yang tercantum dalam pita register kas harian dengan bukti setor
b.)    Membantingkan informasi yang tercantum dalam rekening kotan bank dengan catatan kas yang diselenggarakan oleh bagaian akuntansi .

KOMPONEN UTAMA SISTEM INFORMASI
            Sistem akuntansi adalah salah satu sistem informasi di antara berbagai system informasi yang digunakan oleh manjemen dalam mengelola perusahaan .  Setiap system informasi terdiri dari blok-blok bangunan yang membentuk sistem tersebut . Komponen bangunan system informasi terdiri dari 6 blok ( disebut information system building block , yakni :  masukan , model , keluaran , teknologi ,basis data , dan pengendalian .
            Arsitek yang memepunyai tanggung jawab untuk menjadikan blok-blok tersebut menjadi bangunan system informasi yang menghasilakn informasi bagi para pemakainya disebut dengan analisi system ( system analyst ).
            Pengertian setiap blok-blok yakni:
   1. Blok Masukan ( Input Block )
            Masukan adalah data yang dimasukan ke dalam system informasi beserta metode dan media yang digunakan untuk menangkap dan memasukan data tersebut ke dalam system . masukan terdiri dari transaksi , permintaan , pertanyaan , perintah , dan pesan . Umumnya masukan harus mengukuti aturan dan bentuk tertentu mengenai isi , indentifikasi , otorisasi , tata letak dan pengelolaannya .Cara untuk memasukan masukan ke dalam system dapat berupa tulisan , formulir kertas , pengenalan karekteristik fisik sidik jari , papan ketik , dan lain-lain .
   2. Blok Model ( Model Block )
            Blok modelterdiri dari lagico – mathematical models yang pengolahan masukan dan data yang di simpan dengan berbagai macam cara untuk memproduksi hasil yang di kehendaki atau keluaran . lagico-,athematical models dapat mengkombinasi unsur-unsur data untuk menyediakan jawaban atas suatu pertanyaan , atau dapat meringkas atau menggabungkan data menjadi suatu laporan singkat .
 Laba = Pendapatan – Biaya
   3. Blok Keluaran ( Output Block )
            Produk suatu system akuntansi adalah keluaran yang burupa informasi yang bermutu dan dokumen untuk semua tingkat menejemen dan semua pemakian informasi, baik pemakai intern  maupun pemakai luar organisasi . Keluaran suatu system merupakan factor utama yang menentukan bolk-blok lain suatu sitem informasi . Jika keluaran suatu system informasi tidak sesuai kebutuhan pemakai informasi , perancangan blok masukan , model , teknologi , basis data dan pengendalian tidak ada manfaatnya .
            Keluaran system akuntansi dapat berupa laporan keuangan , faktur , surat order pembelian , cek laporan pelaksaan anggaran , jawaban atas suatu pertanyaan , pesan , perintah , hasil suatu pengambilan keputusan yang di program, scenario , dan simulasi , dan aturan pengambilan keputusan  . Mutu yang harus melekat dalam keluaran system informasi adalah : ketelitian , ketepatan waktu dan relevasi .
            Media yang di pakai untuk menyajikan keluaran system informasi dapat berupa ;layar monitor , mesin pencetak , , alat pendengar , atau microfilm . umumnya keluaran system akuntansi brupa hasil cetak mesin cetak dan tayangan pada minitot computer .
   4. Blok Teknologi ( technology block )
            Teknologi menangkapa masukan , menjalankan model , menyimpan dan mengakses data , menghasilkan dan menyampaikan keluaran , serta mengendalikan seluruh system .
Teknologi terdiri dari 3 komponen yaitu : Komputer dan menyimpan data di luar , (auxiliary strorage) , telekomunikasi , dan perangkat lunak (software).
5.Blok Basis Data ( Data Base Block )
            Tempat penyimpanan data yang digunakan untuk melayani kebutuhan pemakai informasi
Bassi data dapat diperelakukan menjadi dua sudut yakni : sudutpandang fisik dan secara logis .
   6. Blok Pengendalian  ( Cotrol Block )
            mengendaliakan sesuatu bencana yang akan datang .

SISTEM AKUNTANSI DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR
            Kegiatan pokok perusahaan manufaktur terdiri dari : desain dan pengembangan produk , pengolahan bahan baku menjadi produk jadi , dan pejualan produk jadi kepada pembeli . Untuk menangani kegiatan pokok perusahaan , umumnya dirancang system akuntansi yang terdiri dari :
   1. Sistem Akuntansi Pajak
   2. Sistem Akuntansi Piutang
   3.Sistem Akuntansi Utang
   4.Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan
   5.Sistem Akuntansi Biaya
   6.Sistem Akuntansi Kas
   7.Sistem Akuntansi Persediaan
   8. Sistem Akuntansi Aktiva Tetap
TUJUAN UMUM PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI
            Tujuan umum pengembangan system akuntansi terdiri dari :
  1. Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru
  2. Untuk memperbaiki informasi yang dihasilakan oleh system yang sudah ada , baik mengenai mutu , ketepatan penyajian , maupun struktur informasi .
  3. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern , yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan ( reliability ) informasi akuntasi dan untuk menyediakan catatan lengakap mengenai pertanggung jawaban dan perlindungan kekyaan perusahaan .
  4. Untuk mengurangi biaya klerikal dalam menyelenggaran catatan akuntansi .

TIPE PENUGASAN PENGEMBANGAN SITEM AKUNTANSI
            Berdasarkan tujuan pengembangan system akuntansi tersebut di atas , penugasan pengembangan system akuntansi dapat berbentuk seperti :
  1. Pengembangan suatu system akuntansi baru yang lengekap
  2. Perlunasan system akuntansi yang sekarang di pakai untuk mencangkup kegiatan bisnis yang baru
  3. Perbaikan berbagai tahap system dan prosedur yang sekarang digunakan
            Pengembangan system akuntansi baru yang lengkap mencakup pengembangan berbagai system sebagai berikut :
   a . Sistem akuntansi pokok
b . Sistem akuntansi piutang , sitem akunasi utang , system akuntansi penggajian dan penguahan , system akuntansi biaya , sistem akuntansi kas , system akuntansi persediaan , system akuntansi aktiva tetap .

 SIAPA YANG HARUS MENGENRJAKAN PEKERJAAN PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI ?


Pengembangan system akunatnsi baiasanya dilakukan oleh : analis system yang bekerja dalam perusahaan atau profesi akuntan public . Analis system adalah orang yang memiliki keahlian dalam menggabungkan berbagai blok bangunan sietem informasi menjadi suatu bangunan  system informasi ,Dalam perusahanan biasa unit yag membantu ini di sebut denag Departemen Sistem Informasi .

SISTEM AKUNTANSI UNTUK MELAKSANAKAN BISNIS
            Contoh yang di uraikan berikut ini dimaksud untuk memberikan gambaran bahwa ujung tombak bisnis perusaahn terletak pada system akunatnsi yang digunakan untuk menjalankan bisnis :
  I. Cancelled Check
            Cancelled Check adalah cek yang telah diterima oleh pembuat cek ( check issuer ) melalui sitem perbank setelah cek tersebut digunakan sebagai alat pembayaran , dapat juga sebagai bukti pembayaran  bagi pembuat cek .Sedangkan Voided check adalah cek yang rusak dan dibatalkan oleh pembuat cek sebagai alat pembayaran  , karena cek yang telah digunakan oleh pembuat cek akhirnya diterima kembali oleh pembuat cek .Di Indonesia cancelled chevk tidak dikembalikan kepada pembuat cek  , melaikan di simpan di bank pihak pembuat cek .
  II. COD Sale
            COD sale  belum merupakan system penjualan yang biasa dilkukan oleh perusahaan di Indonesia . Dalam sitem penualan dengan COD sale , penjual mengirim Katalog-katalog kepada para calon pembeli .
  III. Unattended Gasaline Station
            Adalah tempat penjualan bensin yang tidak dijaga orang , yang menggunakan kartu kredit yang berlangganan
  IV. Bisnis Kartu Kredit ( Credit Card Business )
            adalah penjualan jasa tagih .

HUBUNGAN SISTEM AKUNTANSI DENGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 Gambar hungungan system informasi akuntansi dengan system informasi majemen :


   Sistem Informasi Manajeman :
   a . Sistem Inforamsi Pemasaran
b . Sistem Informasi Produksi
c .  Sistem Informasi Akuntansi
            - Sistem akuntansi piutang
            - Sistem akuntansi utang
            - Sistem akuntansi penggajian
            - Sistem akuntansi aktiva tetap
            - Buku besar
            - Sistem akuntansi  persedian
    d . Sistem Informasi Teknik           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar